Seni Psychedelic: Berawal dari Narkotika hingga menjadi Trend Gaya tahun 1960an

Poster-Poster Konser Band yang Dipengaruhi Seni Psychedelic
Poster konser band yang dipengaruhi seni Psychedelic oleh Bonnie MacLean (1967)

Jika kalian pernah mendengar band lama tahun 60an seperti The Beatles, The Doors, The Rolling Stones, dan Jimi Hendrix, kalian melihat poster band-band tersebut dengan corak warna warni dan gambar abstrak. Ya, seni tersebut adalah seni psychedelic yang pernah menjadi trend di pertengahan tahun 1960an. Namun tahukah kalian bahwa seni psychedelic berawal dari halusinasi narkotika atau pada masa itu disebut LSD.

Selain itu, para pengikut trend psychedelic pada masa itu disebut hippie. Para hippie yang mayoritas anak-anak muda berkumpul menonton konser rock, menabuhkan bongo hingga berdansa dibawah pengaruh obat psychedelic. Woodstock 1969 adalah event musik yang dihadiri lebih dari 400.000 penonton dan hippie selama 3 hari di Max Yasgur’s Farm, New York, dan event tersebut menjadi event musik paling bersejarah sepanjang masa.

Hubungan antara Art Nouveau dengan Psychedelic Art

Salah satu poster Art Nouveau oleh Aphonse Mucha (1896)

Beberapa seniman psychedelic mendapatkan inspirasi dari Art Nouveau. New Art (Prancis: Art Nouveau) adalah pergerakan seni di akhir abad 19 sampai awal Perang Dunia I. Pada saat itu, teknologi industri berkembang pesat yang juga disebut “Second Industrial Revolution” sama halnya dengan seni. Karakter dari Art Nouveau adalah mengagungkan figur manusia khususnya wanita dan tambahan corak tanaman sebagai pelengkap seni.

Tahun 1950an hingga awal 1960an, poster-poster musik umumnya berbentuk “boxy” atau “mengotak” pada font tulisannya dan warna background yang polos. Maka dari itu, para seniman mengubah bentuk tulisan menjadi bentuk melengkung, memberikan corak warna warni, dan sering kali diberi figuran wanita dan tanaman seperti halnya Art Nouveau. Dengan model tulisan yang melengkung, terkadang sangat rumit untuk mengeja tulisan yang ada di poster tersebut.

Wes Wilson adalah salah satu pencetus seni psychedelic yang juga mendapat inspirasi dari Art Nouveau. Wilson membuat poster untuk acara musik di Avalon Ballroom dan Fillmore Auditorium. Karena keunikan posternya, para artis mengikuti jejaknya dan menjadi populer pada masa itu sehingga Wilson masuk dalam majalah Life.

Poster konser berupa boxy style
Poster psychedelic yang dibuat oleh Wes Wilson (1967)

Obat Halusinasi juga menjadi Inspirasi Psychedelic Art

Salah satu ilustrasi ketika menggunakan LSD (sumber: The Guardian)

Dengan pewarnaan yang lebih dominan, hal tersebut seperti terdapat pengaruh halusinasi dari beberapa obat-obatan seperti LSD (Lysergic acid diethylamide). Efek psychedelic itu sendiri ditemukan secara tidak sengaja oleh Dr. Albert Hoffman ketika ia jatuh saat mengendarai sepeda pada tahun 1943. Maka dari itu Hoffman mengembangkan obat LSD dan mengetesnya sendiri pengaruhnya. Pada tahun 1968, kepemilikan LSD menjadi ilegal oleh Badan Narkotika Amerika sampai mengesahkannya pada akhir tahun 1980an.

Obat psychedelic menjadi trend seiring dengan Perang Vietnam, Kebebasan Hak Sipil, dan kehidupan sederhana (Simple Living) oleh anak-anak muda. Karena hal tersebut, banyak seniman yang menggunakan LSD sebagai inspirasi karya mereka yang paling terkenal adalah The Beatles. Pada saat itu, John Lennon, Paul McCartney, dan George Harrison mencoba beberapa obat-obatan psychedelic sehingga berpengaruh pada genre musik mereka pada album “Revolver”. Tak hanya itu, psychedelic juga berpengaruh pada penampilan, personality (sifat), dan hubungan antar para personil The Beatles terutama Lennon dan Harrison.

Oleh sebab itu, para seniman musik, desain, dan lainnya menjadikan obat-obatan psychedelic menjadi inspirasi untuk mengeskperimen dan mengkreasikan karya mereka. Namun semenjak ilegalnya narkotika tersebut,  trend seni psychedelic menjadi berkurang di awal tahun 1970an dan sampai sekarang ini seni psychedelic menjadi sejarah seni yang melegenda.

Daftar Pustaka:

Nichols, David. (2003). Hypothesis on Albert Hofmann’s Famous 1943 “Bicycle Day”. Berkeley, California.

Park, Ashley. (2009). Psychedelic Drugs and the Fine Arts in the 1960s and 1970s. Diakses dari twu.edu

Sheldon, Anya. (2017). Hand Lettering during The Golden Age of Rock Poster, Influence, Purpose, and Legacy. Diakses dari www.wellesley.edu

Cak To

Kembali ke atas